Don't miss

Saturday, August 24, 2013


Nglanggeran, Gunung Api Purba Seperti Grand Canyon


By on 10:52 PM

Jogja selain memiliki keanekaragaman budaya lokal yang eksotis. Jogja juga memiliki keanekaragaman tempat wisata alam yang eksotis nan indah. Salah satu tempat wisata alam yang layak anda kunjungi adalah Nglanggeran. Nglanggeran pada zaman dahulu merupakan gunung api seperti gunung merapi yang ada di daerah Sleman Yogyakarta. Tapi saat ini gunung tersebut tidak aktif lagi. Nglanggeran disebut sebagai gunung api purba karena batu penyusun gunung tersebut (fragmen material vulkanik tua) diperkirakan berasal dari zaman purbakala. Kalo dilihat sekilas, Nglanggeran seperti Grand Canyon yang ada di Amerika , maka tidaklah salah kalo ada yang berceloteh "Ada Grand Canyon di Jogjakarta".

Jika anda pernah ke Nglangeran anda akan mendapatan kenangan foto-foto menarik yang tak akan terlupakan. Selain itu bila anda pagi-pagi sekali naik ke Gunung api purba Nglanggeran, anda akan mendapatkan sunrise yang siap menyambut. Jadi tidaklah sulit untuk bertemu dengan sunrise, hanya memakan waktu 1 hingga 1,5 jam pendakian. Pemandangan indah yang memanjakan mata pun menyambut. Sejauh mata memandang yang terlihat hamparan awan di ketinggian, jajaran gunung batu dengan bentuk yang unik, perkampungan warga, serta hijaunya sawah dan ladang. Saat senja menjelang, Kota Jogja akan terlihat laksana lautan kunang-kunang. Taburan cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang terlihat dari kejauhan menjadi pemandangan romantis bagi siapa saja yang berkemah di gunung ini.

Oh ya, gunung yang terletak di kawasan karst Baturagung ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Di Puncak Timur Nglanggeran terdapat misteri dusun dengan 7 kepala keluarga. Misterinya seperti apa ? anda perlu buktikan kesana.

pemandangan gunung nglanggeran
nglanggeran, grand canyon di jogja
pendakian gunung nglanggeran layaknya film 5cm
pesona gunung api purba nglanggeran
sunrise di gunung nglanggeran
sunrise di gunung nglanggeran

rute tebing di nglanggeran
Info Wisata "Nglanggeran, Gunung Api Purba Seperti Grand Canyon" :
  1. Lokasi : Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  2. Kordinat GPS : S7°50'26.052" E110°32'41.964
  3. Lama perjalanan : + 45 menit ke timur dari kota Yogyakarta / + 30 menit ke barat dari kota Wonosari
  4. Transportasi umum : Bus Jurusan Jogja-Wonosari kemudian oper menggunakan ojek.
  5. Tiket masuk : Rp 3.000 (siang); Rp 5.000 (malam)
sumber : Yogyes

Author Wisata Murah Solo
Judul: Nglanggeran, Gunung Api Purba Seperti Grand Canyon
Review oleh: Pebriant Bp | Pebriant Go Blog
Update pada: 10:52 PM | Rating: 4.5

Komentar untuk "Nglanggeran, Gunung Api Purba Seperti Grand Canyon"

1 comments:

Terima kasih telah mengunjungi wisatamurahsolo.blogspot.com, kami tunggu komentar anda selanjutnya.